Universitas Harapan Medan

Contacts

Universitas Harapan (UnHar) Medan melaksanakan wisuda Periode II TA. 2021/2022 pada tanggal 13 Desember 2022 bertempat di Regale International Convention Center Jl. H. Adam Malik No. 66-68 Medan. sidang terbuka senat UnHar Medan dengan acara tunggal pelantikan lulusan UnHar Medan Periode II TA. 2021/2022 dibuka oleh ketua Senat UnHar Medan Bapak Teguh Setiawan., S.E., M.Si.

Rektor UnHar Medan Bapak Drs. Sriadhi., S.T., M.Pd., M.Kom., Ph.D melantik lulusan program magister, sarjana dan ahli madya Fakultas Ekonomi Bisnis, Fakultas Teknik dan Komputer, Fakultas Bahasa dan Komunikasi serta Fakultas Hukum dengan total wisudawan sebanyak 463 orang yang terdiri atas 73 orang dari Fakultas Ekonomi Bisnis, 43 orang Fakultas Bahasa dan Komunikasi, 8 orang Fakultas Hukum dan 339 orang dari Fakultas Teknik dan Komputer sementera itu kata-kata pelantikan dibacakan langsung oleh Wakil Rektor I UnHar Medan Ibu Ade Indah Sari., S.E., M.Si.

Rektor UnHar Medan dalam sambutannya merasa bahagia dan bangga atas pelaksanaan wisuda ini, karena merupakan momentum besar dan bersejarah atas perjuangan para wisudawan dan orang tua serta keluarga, universitas dan jajarannya serta stakeholder yang telah mendukung proses perkuliahan sehingga berhasil mencapai predikat sebagai lulusan Universitas Harapan Medan. Untuk itu, sudah sepantasnya ucapan selamat dan sukses kepada para Wisudawan program Magister, program Sarjana dan program Diploma, atas berhasilnya menyelesaikan pendidikan di kampus tercinta ini.

Rektor berharap dengan gelar yang dimiliki, para wisudawan dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya di masyarakat sehingga akan berkontribusi positif dalam memberikan solusi terbaik bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Rektor UnHar Medan juga menekankan kepada wisudawan bahwa bahwa wisuda bukanlah akhir dari aktivitas belajar, tetapi sebaliknya yakni awal dari Tahapan untuk mengimplementasikan ilmu dan keterampilannya di masyarakat seiring dengan tuntutan dan kemajuan yang ada. “Iman, Ilmu dan Amal” terjabarkan dalam perilaku di masyarakat sesuai dengan visi Universitas Harapan Medan yakni “Menjadi Universitas yang unggul dalam memberikan SOLUSI bagi Provinsi Sumatera Utara dan Nasional”.

Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat Industri 5.0 menuntut kompetensi yang tinggi dan terus berkembang seiring dengan kemajuan bidang teknologi. Karena itu Universitas Harapan Medan terus melakukan pengembangan untuk membekali lulusan dengan kompetensi adaptif yang mampu mengantisipasi perubahan dan kemajuan yang akan datang. Universitas terus melakukan pengembangan, khususnya fasilitas belajar baik fisik maupun fasilitas belajar secara virtual. Universitas juga mengembangkan model pembelajaran blended learning system berbasis Learning Management System yang kokoh, pemanfaatan teknologi informasi berbasis artificial dan learning resource berbasis web, serta meningkatkan layanan sistem administrasi terintegrasi.

Untuk meningkatkan wawasan dan mendekatkan dunia usaha dan industri dengan kampus, mahasiswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan akademik seperti program MBKM, penelitian dosen serta kegiatan pengabdian masyarakat. Ini sejalan dengan upaya pemerintah yang menggalakkan pendidikan dalam rangka membangun masyarakat untuk menghadapi perkembangan saat ini dan masa depan dengan membekali kemampuan High Order Thinking Skills melalui empat kecakapan utama yaitu Critical thinking, Creative thinking, Global communication dan Collaboration. Dengan demikian diharapkan lahir para lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing yang mampu menghasilkan inovasi bagi kemajuan dan memberi solusi kepada masyarakat tuturnya.

Sementara itu Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Ir. H. Alwin Sitorus., M.Si Medan yang juga hadir pada acara wisuda tersebut dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh orang tua dan keluarga atas kepercayaannya menitipkan putra-putri terbaiknya untuk menimba ilmu di Universitas Harapan Medan. Yayasan Pendidikan Harapan tetap menjalankan misi sosial dan pendidikannya untuk membangun bangsa dan negara ini melalui pendidikan putra putri harapan bangsa untuk menjadi insan yang cerdas, handal, berdaya saing dan berakhlaq mulia. Penyelenggaraan pendidikan dengan dasar “iman, ilmu dan amal” kami yakin menghasilkan para lulusan yang memiliki iman yang kokoh, ilmu yang luas dan tinggi serta mampu mengamalkannya secara aktif di masyarakat untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi. Demikian juga dengan kurikulum yang terus disempurnakan dengan mengacu kepada perkembangan teknologi, kebutuhan stakeholder dan antisipasi tuntutan masyarakat yang terus berkembang. Model pembelajaran juga sudah kita lakukan pengembangan kepada “student active learning” dengan menerapkan pendekatan pembelajaran modern berbasis teknologi informasi dengan memperkuat Learning Management System untuk penerapan e-learning.

Pada acara wisuda yang digelar Rektor UnHar Medan juga memberikan penghargaan kepada wisudawan yang lulus tepat waktu dan mendapatkan IPK Pemuncak yang mana SK keputusannya dibacakan oleh Wakil Rektor II UnHar Medan Bapak Rahmad Aulia., S.Kom., M.Sc.IT. Pada kesempatan yang sama Rektor UnHar Medan juga memberikan cendramata dan apresisasi yang tinggi kepada Dosen UnHar Medan yang telah menyelesaikan studi program Doktor atas nama Bapak Dr. Ahmad Bima Nusa., S.T., M.T, Bapak Dr. Sayuti Rahman., S.T., M.Kom dan Ibu Dr. Hidayati., S.S., M.S.

Pelaksanaan Wisuda UnHar Medan dihadiri oleh Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Bapak Ir. H. Alwin Sitorus., M.Si, Pengawas Yayasan Pendidikan Harapan Bapak Kersna Minan, SE., M.Si., Ak. CA., Ketua Umum Yayasan Pendidikan Harapan Ibu Dr. Tapi Rondang Ni Bulan., S.E., M.Si beserta seluruh jajaran, Plt Ketua LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Bapak Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Ketua APTISI Sumatera Utara yang diwakili oleh Ibu Dr. Cici Wardayani., S.E., M.Si, Sivitas Akademika Universitas Harapan Medan, pemangku kepentingan UnHar Medan, Kaprodi dan Sekprodi di Lingkungan UnHar Medan, Bapak/ Ibu Dosen UnHar Medan, Stakeholder dan Bapak/ Ibu orang tua wisudawan dan wisudawati serta tamu undangan

Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda periode kedua Tahun Akademik 2021/2022 ini dilaksanakan secara luring. Hal ini dimungkinkan karena telah menurunnya status PPKM di Indonesia, khususnya di kota Medan, meskipun kita tetap harus menjaga dan mematuhi protokol kesehatan.

Dokumentasi:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *