Universitas Harapan Medan

Contacts

Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan (UnHar) Medan berhasil membuat Mesin Paving Blok dari Bahan Plastik. Melalui Lembaga Penelitian & Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UnHar Medan Bekerjsama dengan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan melakukan Uji Teknis dan Kelayakan penggunaan Mesin Paving Blok tersebut. Mesin tersebut bekerja dengan cara memberikan tekanan (press) pada bahan baku sampah plastik sehingga menghasilkan Paving Blok.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk implementasi permintaan dari Kecamatan Medan Labuhan untuk mencari solusi bagaimana menangani sampah plastik yang ada di wilayah tersebut selain itu juga merupakan salah satu program pembangunan daerah kota medan dalam bentuk peningkatan layanan infrastruksur dasar perkotaan. Pembuatan alat press sampah plastik untuk pembuatan Paving Blok tersebut dibuat oleh mahasiswa Prodi Teknik Mesin didampingi oleh Dosen Pembimbing Bapak Muhammad Arifin., S.T., M.T.

Sebelumnya Rektor Universitas Harapan Medan Drs. Sriadhi, M.Pd., M.Kom., Ph.D berpesan dalam pembuatan mesin ini banyak tantangan yang harus dihadapi oleh tim, dari pembuatan alat dan deadline waktu pengerjaan yang sangat singkat sehingga membutuhkan tim yang cukup solid sehingga nantinya dapat terbangun suatu alat yang dapat di manfaatkan oleh masyarakat secara luas. Rektor UnHar Medan juga mengucapkan selamat kepada tim yang telah susah payah membangun alat tersebut menjadi layak untuk di gunakan oleh masyarakat kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan.

Dalam kegiatan ini tampak masyarakat dilingkungan kelurahan Nelayan Indah sangat antusias mengikuti bimbingan teknis cara pengunaan alat tersebut. Nantinya alat ini dapat digunakan oleh masyarakat kelurahan Nelayan Indah secara gratis dengan syarat masyarakat harus membawa bahan baku sampah plastik masing-masing dan juga dapat membuat Paving Blok secara mandiri tutur Hilal., .S.E, yang merupakan Lurah Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2022 yang bertempat kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan  tersebut juga dihadiri Dekan Fakultas Teknik dan Komputer UnHar Medan Bapak Abdul Jabbar., S.T., M.Kom serta Kepala LPPM UnHar Medan Bapak Tengku Mohd Diansyah., S.T., M.Kom

Kepala LPPM UnHar Medan mengatakan bahwa selain dapat mengasilkan Paving Blok mesin ini di harapkan dapat membawa manfaat kepada masyarakat luas sehingga nantinya mesin ini bisa di manfaatkan oleh masyarakat untuk membuat tanggul/benteng dalam mengatasi banjir.

Alat ini diserahkan langsung oleh perwakilan UnHar Medan dalam hal ini diwakili oleh Ka LPPM UnHar Medan, Dekan Fakultas Teknik & Komputer dan Dosen Prodi Teknik Mesin UnHar Medan kepada Lurah Nelayan Indah Bapak Hilah Bahri, S.E dan didampingin sekretaris Lurah Bapak Miswan Purba, S.H.

Dokumentasi:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *