Universitas Harapan Medan

Contacts

Universitas Harapan (UnHar) Medan memiliki Tim Penelitian yang berhasil memperoleh dana penelitian hibah riset Penelitian Dasar Unggulan Perguruan Tinggi  (PDUPT) dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemeristek/BRIN) yang sekarang melebur ke dalam Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Tim Peneliti terdiri dari Ketua Tim Peneliti, Dr. Hj. Emmy Erwina, M.A, yang juga merupakan Rektor UnHar Medan, serta anggota Tim Peneliti yang terdiri dari Tommy, S.T., M. Kom. dan Mayasari, S.Pd., M.Si. Penelitian yang dimaksud berjudul Pemetaan dan Analisis Kesalahan Pengucapan Baku Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Bigram.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Tim Penelitan PDUPT UnHar Medan adalah Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh masukan atas data penelitian yang telah diterima Tim Peneliti sebelumnya, yang diperoleh dari para Guru dan Dosen di lingkungan Yayasan Pendidikan Harapan (Yaspendhar), yaitu dari SD Harapan I, SD Harapan 2, SMP Harapan I, SMP Harapan II, SMA Harapan, dan Universitas Harapan Medan, serta para penyiar Televisi Republik Indonesia (TVRI) Sumatera Utara.

Melalui kegiatan ini diharapkan Tim Peneliti dapat memperoleh masukan dari peserta FGD serta dapat memberikan saran kepada peserta FGD mengenai hal-hal yang relevan dengan Analisis Kesalahan Pengucapan Baku Bahasa Indonesia, yang dapat diterapkan peserta FGD pada unit kerja masing-masing. Masukan dari para peserta FGD nantinya juga akan digunakan Tim Peneliti PDUPT UnHar Medan sebagai data pendukung penelitian yang nantinya akan menghasilkan luaran penelitian yang diharapkan.

Tim Peneliti dibantu oleh Panitia yang berasal dari lingkungan Universitas Harapan Medan. Kegiatan dilakukan di Hotel Grandhika Setiabudi di Kota Medan, melalui tatap muka terbatas dan melalui Protokol Kesehatan yang ketat, mengingat situasi pandemi yang tengah berlangsung pada saat ini, sesuai anjuran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dokumentasi:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *